Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Senin, 03 Oktober 2016

ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput

ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput
link : ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput

Baca juga


ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput

 Penyebab dan Efek Lidah Berselaput
 
Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang lidah berselaput. Lidah berselaput adalah suatu kelainan ataupun gangguan pada lidah yang disebabkan oleh terjadinya lapisan tipis yang berwarna putih hingga kekunungan yang menutupi sebagian atau keseluruhan permukaan lidah. Lidah berselaput ini merupakan suatu jenis gangguan kesehatan yang tidak membahayakan, namun dapat digunakan sebagai salah satu indikator terjadinya gangguan kesehatan yang lain. Apa saja penyebab dan efek lidah berselaput bagi kesehatan tubuh?

Penyebab Dan Efek

Berikut ini beberapa penyebab dan efek lidah berselaput sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Kurang bersih.
Kurang bersih ketika membersihkan rongga mulut dengan mengabaikan penyikatan pada permukaan lidah. Sikat permukaan lidah ketika menyikat gigi dengan cara menyikat dari pangkal lidah menuju ujung lidah dengan sapuan searah hingga bersih. Apabila kesulitan, bisa digunakan alat pembersih lidah khusus atau tongue scrapper.

Infeksi jamur.
Infeksi jamur candida albicans merupakan salah satu penyebab terjadinya lidah berselaput dan tidak bisa dibersihkan menggunakan tongue scrapper. Pemberian obat oral atau telan dan pengobatan sistemik lain seperti topikal yang hanya dapat menyembuhkannya. Sebagaimana diketahui, jamur candida albicans juga merupakan salah satu jamur yang menyebabkan keputihan pada wanita. Hm.. bagaimana bisa berpindah, ya?

Tifus.
Gangguan penyakit tifus yang menyerang organ pencernaan terutama usus, juga dapat menyebabkan timbulnya lidah berselaput atau coated tongue ini. Bakteri penyebab penyakit tifus ini tumbuh dan berkembang pada area permukaan lidah dan kemudian bermigrasi terbawa makanan atau minuman sehingga sampai di usus dan akhirnya menginfeksi jaringan usus.

Infeksi HIV/AIDS.
Candidiasisis merupakan jenis penyakit yang menyerang permukaan lidah yang menyebabkan lidah menjadi berselaput. Candidiasis ini dipicu oleh turunnya kekebalan tubuh atau immunodeficiences akibat infeksi virus HIV/AIDS.

Bau mulut.
Bau mulut merupakan salah satu efek atau akibat yang ditimbulkan oleh lidah berselaput ini, walaupun proses menyikat gigi sudah sangat bersih.

Demikianlah beberapa penyebab dan efek lidah berselaput yang kiranya bisa memotivasi agar selalu menjaga dan mempertahankan kesehatan dan kebersihan rongga mulut dan sekitarnya. Segera kunjungi ahli medis atau klinik terdekat apabila lidah berselaput ini tidak juga sembuh walaupun sudah dilakukan tindakan pengobatan. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput

Sekianlah artikel ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips KesehatanPenyebab dan Efek Lidah Berselaput dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatanpenyebab-dan-efek.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top