Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Sabtu, 15 Oktober 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos

ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos
link : ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos

 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos

Gigi merupakan bagian awal dari saluran pencernaan, sehingga merawat kesehatan gigi adalah penting agar proses pencernaan kita dapat berjalan dengan sempurna. Salah satu hal yang harus dicegah dalam perawatan gigi adalah gigi yang keropos. Salah satu pemicu gigi keropos adalah makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Apa saja makanan dan minuman penyebab gigi keropos?

Gigi keropos atau erosi gigi merupakan kelanjutan dari gigi berlubang atau caries yang tidak segera ditangani. Penyebab utama gigi berlubang adalah paparan gigi terhadap senyawa asam, yang berasal dari makanan atau minuman. Senyawa asam ini dapat melarutkan lapisan enamel dan dentin pada gigi, sehingga terbentuk lubang pada permukaan gigi. Jika kerusakan pada gigi ini tidak segera diatasi, lubang yang terbentuk pada gigi akan semakin besar, dan menyebabkan gigi menjadi rapuh.

Ada dua jenis makanan dan minuman penyebab gigi keropos.

  • Jenis yang pertama adalah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti, sereal, susu, buah-buahan, kue, atau permen. Jika sisa makanan yang mengandung karbohidrat tersisa pada gigi, maka akan terbentuk plak. Bakteri yang terdapat pada mulut akan mencerna karbohidrat tersebut dan mengubahnya menjadi asam. Produk asam inilah yang kemudian melarutkan lapisan enamel dan dentin, yang berpotensi membentuk caries, yang jika tidak segera ditangani akan menyebabkan gigi keropos.

  • Jenis yang kedua adalah minuman yang bersifat asam, seperti minuman bersoda, jus buah yang asam, atau minuman energi. Mengonsumsi makanan atau minuman yang asam akan menyebabkan kondisi mulut asam (pH rendah), sehingga dapat menyebabkan demineralisasi gigi, yang dapat memicu terjadinya erosi gigi.

Setelah mengenal makanan dan minuman penyebab gigi keropos, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap gigi keropos. Batasi konsumsi makanan berkarbohidrat olahan dan minuman asam, terutama di luar waktu makan normal. Perbanyak konsumsi air putih, agar produksi ludah sebagai pembersih alami gigi lebih banyak, serta untuk menetralkan kondisi rongga mulut agar tidak asam. Selain itu, rajinlah membersihkan gigi dengan sikat gigi dan benang gigi, Jangan lupa untuk pergi ke dokter gigi secara teratur untuk memantau kondisi gigi Anda, serta untuk melakukan perawatan apabila ditemukan gigi yang berlubang atau gigi keropos.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Keropos dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatan-makanan-dan.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top