Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Sabtu, 08 Oktober 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil

ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kehamilan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil
link : ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil

 Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil

Penyakit diabetes atau kencing manis dapat menyerang siapa saja. Banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes adalah penyakit orang tua, padahal penyakit ini bisa menyerang anak-anak bahkan bayi pada ibu hamil. Sebagian besar ibu hamil yang terserang diabetes bisa disebabkan karena memiliki riwayat keguguran yang berulang kali, usia ibu hamil diatas 30 tahun, riwayat diabetes yang ada pada keluarga atau pun pernah mengalami diabetes pada kehamilan sebelumnya. Penyakit diabetes pada ibu hamil sering disebut sebagai diabetes gestational, yaitu keadaan dimana kondisi gula darah dalam tubuh mengalami peningkatan yang dapat mempengaruhi kehamilan serta kesehatan bayi yang sedang dikandung.

Diabetes pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi tidak bisa dilahirkan secara normal, karena biasanya bayi yang terserang diabetes memiliki ukuran tubuh yang besar, bahkan bisa lebih dari 4 kilogram. Hal ini mengakibatkan sang ibu akan kesulitan dalam persalinan, bahkan dapat menyebabkan keguguran.
Gejala Diabetes Pada Wanita Hamil

Karena alasan kesehatan, para ibu sangat disarankan untuk tidak hamil diatas usia 30 tahun atau yang memiliki riwayat diabetes, karena selain berbahaya bagi kesehatan sang ibu, sangat berbahaya pula bagi kesehatan bayi yang dikandung. Para ibu sebaiknya mengenali gejala-gejala diabetes, antara lain:

Sering buang air seni
Hal ini biasanya terjadi terutama pada malam hari. Ini dikarenakan tingginya kadar gula yang terkandung dalam darah sehingga tidak bisa ditoleransi oleh ginjal. Ginjal harus menarik jumlah air yang cukup banyak dalam tubuh agar air seni yang dikeluarkan tidak terlalu pekat.

Sering merasa haus
Hal ini dikarenakan tubuh menarik sejumlah besar cairan yang tak bisa dihindari oleh tubuh.

Sering merasa lemas
Penderita diabetes akan mengalami gejala sering merasa cepat lelah dan lemas karena pankreas tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga sel tubuh tidak dapat menyerap gula dengan baik.

Sering merasa lapar
Penderita diabetes akan sering merasa lapar dan selalu ingin makan.
Berat badan turun drastis
Meskipun penderita diabetes sering merasa lapar dan selalu ingin makan, tapi berat badan justru turun drastis.

Jika dalam masa kehamilan gejala-gejala tersebut sudah dirasakan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk dapat mengecek dan mengontrol kadar gula darah selama hamil, sehingga dapat ditangani secepatnya.
Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil

Menurut para ahli, penyakit diabetes pada ibu hamil  dapat diminimalisir dengan cara berikut ini:

Diet selama hamil
Ibu hamil dapat membatasi asupan karbohidrat dengan mengatur pola makan 3 kali sehari dengan porsi kecil dan camilan yang banyak mengandung nutrisi. Dengan demikian, wanita hamil yang menderita diabetes dapat menjaga berat badan dan menormalkan kadar glukosa darah serta menjaga perkembangan janin dalam kandungan.

Terapi insulin
Ini adalah terapi diabetes pada wanita hamil yang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes dalam masa kehamilan. Terapi insulin ini berfungsi untuk menjaga kadar gula darah. Dengan rajin memeriksakan kadar gula darah, ibu hamil dapat mengetahui kondisi kadar gula darahnya, sehingga ketika kadar gula darah naik maka ibu hamil dapat segera melakukan pengobatan dan mengontrol makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Terapi Diabetes Pada Wanita Hamil dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatan-terapi-diabetes.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top