Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Kamis, 06 Oktober 2016

ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu

ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu
link : ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu

Baca juga


ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu

 Kolesterol Dapat Picu Batu Empedu

 

Empedu merupakan salah satu organ tubuh yang menghasilkan cairan empedu dan bermanfaat untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh. Proses biokimiawi ini berguna untuk menguraikan asupan makanan menjadi molekul-molekul kimia sederhana yang dapat dimanfatkan secara maksimal oleh tubuh. Terjadinya gangguan kesehatan yang menyerang empedu dan saluran empedu dapat mengakibatkan asupan nutrisi makanan menjadi kurang optimal dan salah satu penyebabnya adalah kadar kolesterol dalam darah dan memicu terjadinya batu empedu. Benarkah kolesterol dapat picu batu empedu?

Data dan fakta

Berikut ini beberapa data dan fakta bahwa kolesterol dapat picu batu empedu sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Penyusun
Cairan empedu berasal dari campuran asam empedu, protein, garam-garam kalsium, pigmen dan kolesterol.

Reaksi biokimia
Ketidakseimbangan hormonal seseorang dapat menyebabkan reaksi biokimia yang menyebabkan komposisi kimia empedu berubah. Pada keadaan ini kandungan kolesterol dalam empedu menjadi terlalu tinggi, sehingga terjadi pengerasan atau kerak ataupun kristal kolesterol pada cairan empedu.

Penyumbatan
Kerak kolesterol yang bersifat padatan berwarna kuning dan mengkilat ini pada akhirnya akan melayang-layang pada cairan empedu dan berpotensi menyebabkan sumbatan pada saluran empedu.

Radang
Kristal atau padatan kolesterol pada kandung empedu yang akhirnya menyebabkan sumbatan saluran empedu yang menuju hati ataupun saluran pencernaan ini dapat menyebabkan terjadinya radang atau inflamasi. Radang pada saluran empedu ini biasa disebut kolestitis akut.

Gejala
Terjadinya kolestitis akut akibat kristal kolesterol pada saluran empedu ini menyebabkan gejala seperti sakit yang akut pada sebelah kanan atas perut dan mengarah ke punggung, antara bahu dan ke dada depan. Gejala lainnya yaitu kolik, sendawa, gas dalam perut, gangguan pencernaan, berkeringat, mual, muntah, kedinginan, suhu tubuh agak tinggi dan feses berwarna coklat.

Demikianlah data dan fakta bahwa kolesterol dapat picu batu empedu. Satu hal yang perlu diwaspadai adalah apabila kuantitas dan kualitas kristal kolesterol yang menyumbat saluran empedu terlalu banyak, maka penyakit kuning ataupun hepatitis bisa saja menyerang. Ada baiknya jika kurangi konsumsi makanan kolesterol tinggi mulai sekarang agar berbagai jenis gangguan penyakit akibat kolesterol seperti stroke dan aterosklerosis dapat dicegah. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu

Sekianlah artikel ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips KesehatanKolesterol Dapat Picu Batu Empedu dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatankolesterol-dapat.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top