Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Selasa, 09 Juli 2013

Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja

Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja
link : Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja

Baca juga


Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja

Kali ini kita akan membahas Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja, yang mudah mudahan bisa bermanfaat. Banyak orang berkata Sehat merupakan harta paling berharga dalam hidup kita.

Apabila bekerja selama lebih dari delapan jam sehari, lima hari seminggu, bisa saja teman-teman berfikir bahwa tidak akan bisa menikmati pola hidup sehat. Dan kemungkinan berat badan naik juga semakin besar.

Sebuah studi di Monash University, Australia, menunjukkan bahwa lebih dari 9000 perempuan yang partisipasi dalam studi ini – mereka bekerja lebih dari 49 jam per minggu – berat badan mereka naik sekitar 1,9 %. Ini angka yang relatif tinggi dibandingkan dengan perempuan yang bekerja paruh waktu dan hanya naik sekitar 1,6 %.

Bahkan jika Anda menghindari ngemil di tempat kerja – terutama ketika Anda sedang stress – fakta bahwa Anda stuck di tempat kerja seharian sanggup menaikkan berat badan Anda. Timothy S. Church, PhD, peneliti dari Pennington Biomedical research Center di baton Rouige, Los Angeles, menerbitkan sebuah studi di sebuah jurnal yang mengemukakan bahwa 80% dari pekerjaan di masa sekarang adalah sedentary – yang artinya bahwa Anda tidak mendapatkan olahraga yang maksimal.

Berikut inilah Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja:

1. Konsumsi Cemilan Yang Sehat

Sehat bukan berarti Anda tidak bisa ngemil di tengah kesibukan kantor. Anda tetap bisa melakukannya dan tetap mendapatkan bentuk tubuh idaman Anda. Bagaimana caranya? Konsumsi snack yang memiliki nilai GI rendah seperti potongan buah, kacang-kacangan seperti fruit soy bar yang dapat memberikan asupan energi dan rasa kenyang lebih lama tanpa mempengaruhi berat badan Anda.  Hindari snack tidak sehat seperti gorengan atau keripik yang tidak hanya memberikan kekenyangan yang semu (Anda dipastikan akan tetap lapar) namun juga menyumbang asupan gizi yang tidak bagus.

2. Dekorasi meja Anda

Bagaimana bisa mendekorasi meja kerja bisa membuat Anda tetap sehat? Intinya adalah tetap bergerak. Anda bisa menaruh telepon di shelf yang tinggi – kalau Anda punya – atau di ujung meja. Anda bisa menaruh printer atau mesin fax agak jauh dari meja kerja Anda. Dengan banyak bergerak, tidak hanya Anda mengurangi rasa bosan, namun badan Anda terlatih untuk tetap aktif.

3. Wisata Kuliner saat makan siang

Hentikan kebiasaan Anda makan di kantin kantor. Jika kantor kerja Anda dekat dengan warung atau restoran, kini saatnya Anda mencobanya. Berjalan dari meja kerja Anda menuju ke warung atau restoran yang belum pernah Anda coba sebelumnya dapat membuat perubahan besar. Lebih bagus lagi kalau Anda mau untuk menggunakan waktu makan siang Anda dengan makan di taman terdekat. Tidak hanya Anda akan mendapatkan suasana yang baru namun udara yang segar juga dapat merilekskan suasana hati Anda.

4. Menjelajahi Dunia Maya

Anda tidak salah baca. Menjelajahi dunia maya ketika bekerja ternyata membantu kita untuk tetap sehat selama bekerja di kantor. Riset yang dilakukan di National University of Singapore menemukan bahwa web browsing mengurangi drastis level stress karyawan dan mendorong produktivitas. Sebuah eksperimen juga dilakukan dengan menaruh 96 siswa di sebuah control group.  Hasilnya menyatakan bahwa siswa yang diberikan internet break selama 10 menit ternyata jauh lebih produktif dan efektif ketimbang yang terus-terusan bekerja. Hal ini bisa Anda lakukan di tempat kerja, dengan catatan Anda tidak terlalu sering melakukannya.

5. Berhenti menjadi pemalas

Buatlah peraturan baru : jangan menelpon atau meng-email rekan kantor yang jaraknya kurang dari 20 meter dari tempat Anda duduk. Kini saatnya Anda jika mengalami masalah dengan koneksi internet kantor untuk berjalan ke ruang teknisi dan meminta bantuan mereka baik-baik. Tidak hanya Anda sudah melakukan sedikit exercise dengan berjalan, Anda juga dapat mengenal rekan kerja Anda lebih jauh.

6. Rubah Posisi Duduk Anda

Siapa sangka bahwa posisi duduk yang benar ternyata mempengaruhi kesehatan Anda. Beberapa diantaranya yang bisa Anda lakukan adalah tempatkan monitor pada eye level dan taruh keyboard di tempat yang nyaman (tidak terlalu tinggi, tidak terlalu rendah). Paling penting, Anda harus memiliki kursi yang cukup nyaman untuk menopang punggung Anda. “Ketika otot-otot Anda melemah karena postur yang kurang bagus, yang terjadi adalah otot-otot Anda akan menjadi semakin tegang. Dan Anda pasti tidak mau membuat otot punggung Anda menjadi tegang,” ungkap Luis Feigenbaum, ketua terapi fisik di University of Miami’s Miller School of Medicine.

7. Lakukan Break Setiap 40 Menit

40 menit adalah waktu yang cukup lama untuk otak bekerja. Hargai otak Anda dan rilekskan diri Anda. Setelah 40 menit bekerja Anda bisa berjalan ke lorong, mencari air putih atau mencetak dokumen yang print-nya berada jauh dari tempat duduk Anda. Jika Anda adalah jenis orang yang begitu fokus dengan pekerjaan Anda, Anda bisa memasang alarm di ponsel Anda setiap 40 menit dan begitu alarm Anda menyala, Anda bisa berhenti sejenak dan menikmati sedikit hiburan. Intinya adalah agar Anda tidak merasa diikat dengan meja kerja Anda.

Nah, begitulah informasi kali ini tentang Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja, yang mudah-mudahan bisabermanfaat untuk semuanya para pembaca.


Demikianlah Artikel Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja

Sekianlah artikel Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Beberapa Cara Agar Kita Sehat Bekerja dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/07/beberapa-cara-agar-kita-sehat-bekerja.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top