Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Minggu, 16 Oktober 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang

ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang
link : ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang

 Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang

 
Gigi berlubang pada umumnya terjadi akibat infeksi bakteri. Karies gigi ini menimbulkan sakit atau nyeri yang luar biasa. Nyeri dapat timbul secara langsung pada gigi atau biasa disebut ngilu, dan dapat pula muncul pada gusi akibat adanya pembengkakan.

Berikut tips mengatasi nyeri karena gigi berlubang:

1. Berpikirlah tenang dan santai. Pikiran tenang merupakan salah satu bentuk relaksasi. Ketika tubuh dan pikiran merelaksasi, maka aliran hormon analgetik alami di dalam tubuh meningkat. Pengaruhnya adalah rasa sakit dapat reda.

2. Menyetel musik yang lembut. Sedapat mungkin musik instrumental. Selain menghibur, musik instrumental khususnya yang menggunakan alunan seperti biola, flute dan saxofon terbukti dapat meningkatkan produksi dopamin dan morfin alami tubuh, sehingga mampu membantu meredakan rasa sakit. Musik juga mampu menurunkan gelombang otak, sehingga relaksasi dapat lebih cepat tercapai. Musik yang lembut dapat pula membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga selain rasa ngilu reda, infeksi dapat dieliminasi dengan bertambahnya aktivitas sistem kekebalan tubuh.

3.  Minum teh hangat. Minum teh hangat memberikan beberapa efek positif bagi kondisi nyeri akibat gigi berlubang. Manfaat yang pertama adalah sensasi hangat membantu meredakan sakit dan mengurangi pembengkakan. Kemudian teh memiliki daya analgetik sekaligus penenang dan juga antibiotik alami. Berdasarkan penelitian, teh dapat dijadikan obat kumur yang efektif karena bisa menurunkan jumlah koloni makteri penyebab gigi berlubang. Teh hijau memiliki daya anti bakteri yang relatif lebih tinggi dibandingkan teh hitam.

4. Tips mengatasi nyeri karena gigi berlubang berikutnya adalah menghindari stress. Stress dapat menjadi menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit. Stress juga bisa menurunkan daya tahan tubuh. Dengan adanya stress, rasa sakit semakin terasa dan infeksi dapat menjadi semakin parah.

5. Mengurangi konsumsi manis. Makanan atau minuman berasa manis meningkatkan kepekaan sel saraf terhadap sensasi rasa, termasuk rasa nyeri. Demikian pula makanan asam.

6. Berkumur dengan air hangat yang mengandung garam. Sebagian besar garam diberi unsur tambahan yodium, yodium dapat dipakai sebagai anti bakteri. Kemudian air hangat akan membantu menekan rasa sakit.

Demikian tips  mengatasi nyeri karena gigi berlubang. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Tips Mengatasi Nyeri Karena Gigi Berlubang dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatan-tips-mengatasi.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top