Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Rabu, 05 Oktober 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan

ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan
link : ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan

 Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan


Kolesterol merupakan salah satu senyawa berlemak yang berguna untuk melindungi selaput syaraf pada keseluruhan sistem syaraf, termasuk diantaranya susunan syaraf pusat dan susunan syaraf tepi. Kolesterol juga bermanfaat sebagai pembentuk hormon steroid dan berbagai jenis hormon lain yang berhubungan dengan organ genital. Dikarenakan fungsi dan kegunaan kolesterol bagi tubuh tersebut sangat vital atau penting, maka ketersediaannya setiap hari harus selalu dipenuhi. Namun demikian, kandungan kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah juga dapat membahayakan kesehatan tubuh, karena berpotensi menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Begitu penting dan berbahayanya kolesterol bagi tubuh, maka keberadaannya dalam tubuh harus dikendalikan. Salah satu cara mengendalikan kolesterol adalah dengan konsumsi serat makanan. Apa saja tips dan trik cara kendalikan kolesterol dengan serat makanan?

Tips dan Trik Mengendalikan Kolesterol

Berikut ini beberapa tips dan trik cara kendalikan kolesterol dengan serat makanan yang diolah dari berbagai sumber terkemuka, yaitu:

Rutin Konsumsi Makanan Berserat
Lakukan rutinitas harian dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat agar penyerapan kolesterol dalam usus dapat diperkecil. Beberapa jenis makanan tinggi serat yang berguna untuk mengendalikan penyerapan kolesterol oleh usus antara lain kacang ginjal (kidney beans), apel, buah pir, barley, dan buah prune.

Makanan Serat Larut
Pertimbangkan konsumsi serat larut atau soluble fiber seperti gandum atau oatmeal dan wortel. Menurut hasil penelitian yang pernah dipublikasikan, serat larut atau soluble fiber memiliki manfaat menurunkan kadar penyerapan lemak LDL ataupun kolesterol dalam usus sebesar 12%.

Makanan yang Mengandung Sterol dan Stanol
Sterol dan stanol merupakan salah satu jenis serat pada tumbuhan yang dapat digunakan untuk memperkecil atau menahan penyerapan lemak LDL ataupun kolesterol, namun tidak mengganggu penyerapan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K yang masih dibutuhkan ketersediaannya oleh tubuh. Konsumsi sterol dan stanol dipercaya dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus sebesar 10%.

Demikianlah beberapa tips dan trik cara kendalikan kolesterol dengan serat makanan. Namun demikian, akan lebih baik apabila melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin tiap bulannya sebagai tindakan pencegahan untuk memperkecil resiko terjadinya serangan stroke ataupun jantung koroner terutama bagi kaum pria. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Kendalikan Kolesterol dengan Serat Makanan dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatan-kendalikan.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top