Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Jumat, 14 Oktober 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin

ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin
link : ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin

 Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin
  

Lidah merupakan salah satu organ yang sebenarnya memegang peranan penting dalam proses metabolisme tubuh karena banyaknya manfaat lidah bagi kesehatan. Selain berguna sebagai indera pengecap, lidah juga dapat digunakan untuk mendeteksi serangan penyakit. Kenali dengan baik pentingnya membersihkan lidah secara rutin agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan bagi segala proses biokimia tubuh.

Sebab Dan Alasan

Berikut ini beberapa sebab dan alasan pentingnya membersihkan lidah secara rutin sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Bau mulut. Selain dipicu oleh aktifitas bakteri yang terdapat pada sisa makanan yang telah membusuk pada sela gigi, bau mulut juga dapat disebabkan oleh aktifitas bakteri pada permukaan lidah. Tidak seperti organ pada rongga mulut lainnya, bakteri dan jamur yang menempel pada permukaan lidah akan tetap menempel, apalagi jika jamur candida albicans terlanjur senang menetap. Pastinya bau mulut tak terhindarkan.

Sariawan. Selain bau mulut, serangan jamur candida albicans juga dapat memicu terjadinya sariawan pada area rongga mulut. Pada keadaan yang parah, sariawan yang terjadi bisa saja tak kunjung sembuh dalam seminggu dan memicu makin banyaknya sariawan pada rongga mulut.

Warna lidah. Kuman dan bakteri yang menempel pada permukaan lidah tidak hanya dapat menimbulkan bau mulut, tetapi juga dapat mengakibatkan perubahan warna lidah akibat adanya selaput tipis pada permukaan lidah. Lidah bisa saja berubah warna menjadi kuning, putih atau bahkan hitam dan berbulu, seperti penyakit oral candidodis.

Kanker. Lidah yang dibiarkan tertutup lapisan sisa makanan ataupun bakteri lama kelamaan akan mengalami perkerasan, perubahan warna dan akhirnya bisa saja timbul bercak berwarna putih ataupun merah. Apabila bercak ini tidak hilang atau sembuh setelah seminggu, bisa jadi lidah sudah terserang kanker lidah.

Sensitifitas. Lapisan tipis ataupun selaput yang dibiarkan menempel pada permukaan lidah dapat menurunkan sensitifitas lidah sebagai indera pengecap. Penurunan sensitifitas lidah sebagai indera pengecap pada akhirnya akan menurunkan juga kemampuan lidah untuk merasakan lezatnya makanan ataupun segarnya minuman.

Demikianlah beberapa sebab dan alasan pentingnya membersihkan lidah secara rutin. Akan lebih baik apabila sembari menggosok gigi, bersihkan pula permukaan lidah dengan cara menyikat dengan halus atau menggunakan alat khusus pembersih lidah. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Pentingnya Membersihkan Lidah Secara Rutin dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/10/esyaku-tips-kesehatan-pentingnya.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top