Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Rabu, 21 September 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal

ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, Artikel Buah-Buahan, Artikel Diet, Artikel gaya hidup sehat, Artikel Ibu Hamil, Artikel Kecantikan, Artikel Khasiat, Artikel Obat Alami, Artikel Osteoporosis, Artikel Otak, Artikel tetap sehat, Artikel Tidur, Artikel tubuh sehat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal
link : ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal

 Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal
 

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang cukup marak menyerang penduduk Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Penyakit ini biasanya juga dikenal dengan sebutan penyakit gula darah atau kencing manis. Diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit kronis. Gejala awal dari penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah sebagai dampak dari adanya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Pada penyakit ini, bagian tubuh yang terganggu adalah kelenjar pankreas yang mengalami masalah dalam memproduksi insulin yang diperlukan oleh tubuh. Insulin merupakan hormon yang mengatur glukosa yang juga merupakan sumber energi penting bagi tubuh. Tanpa hormon insulin ini, glukosa tidak dapat diubah dan tetap berada dalam aliran darah sehingga menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Diabetes melitus terdiri dari 2 macam yaitu diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Mengenal diabetes melitus tipe 2 sangat penting karena dengan mengetahui diabetes tipe 2 ini, anda dapat membedakan gejala dan penyebab antara tipe 1 dan tipe 2.
Penyebab Diabetes Melitus Tipe 2

Untuk mengenal diabetes melitus tipe 2 lebih lanjut, maka Anda juga perlu mengetahui penyebab penyakit ini. Diabetes melitus tipe 2 biasanya terjadi pada orang-orang dengan berat badan berlebih karena dalam tubuh mereka menyimpan kadar lemak yang tinggi, khususnya di daerah perut sehingga mengakibatkan tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Oleh karena itu, walaupun insulin diproduksi secara normal oleh tubuh si penderita diabetes, tubuh tidak dapat meresepon insulin tersebut sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Berbeda dengan diabetes melitus tipe 1 yang bisa dikendalikan melalui injeksi insulin, para penderita diabetes melitus tipe 2 biasanya tidak perlu injeksi  insulin. Hal yang harus mereka lakukan adalah menurunkan berat badan agar resistensi insulin dapat diperbaiki. Walaupun diabetes tipe 2 banyak menyerang orang yang kelebihan berat badan, tidak menutup kemungkinan orang yang kurus terkena penyakit ini khususnya orang -orang yang sudah tua.
Gejala Diabetes Melitus Tipe 2

Para penderita diabetes melitus tipe 2 tentu akan mengalami beberapa gejala awal yang dapat menentukan apakah mereka menderita diabetes tipe 2 atau tidak. Gejala umum yang biasa terjadi adalah kelelahan yang luar biasa. Ini merupakan gejala awal yang bisa dirasakan penderita diabetes tipe 2. Si penderita akan merasa tubuhnya sangat lemas walaupun tidak beraktivitas terlalu berat. Oleh karena itu jika anda selalu merasa mengantuk dan lelah walaupun sebelumnya tidak begadang, Anda sebaiknya segera menemui dokter.

Selain kelelahan, gejala lainnya adalah penurunan berat badan yang drastis. Jika Anda mengkonsumsi makanan berlebihan, tubuh menjadi semakin gemuk. Banyaknya lemak dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin yang meningkat. Sementara itu pada para penderita diabetes, walaupun mereka makan makanan berlebihan, tubuh mereka tidak menjadi gemuk dan justru semakin kurus. Hal ini disebabkan oleh otot yang tidak mendapatkan energi untuk tumbuh.

Dengan mengenal diabetes melitus tipe 2, kini Anda dapat lebih waspada dan mengubah gaya hidup yang selama ini kurang sehat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Mengenal Diabetes Melitus Tipe 2: Penyebab Dan Gejala Awal dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/09/esyaku-tips-kesehatan-mengenal-diabetes.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top