Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Minggu, 25 September 2016

ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil?

ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil? - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel anak, Artikel gejala penyakit, Artikel Ibu Hamil, Artikel Kecantikan, Artikel kehamilan, Artikel News, Artikel obesitas, Artikel Olahraga, Artikel Proetein, Artikel tetap sehat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil?
link : ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil?

Baca juga


ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil?

 Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil?

Gigi berlubang bisa terjadi kapan saja. Bukan hanya karena gigi tersebut rapuh atau kurang asupan kalsium. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asam ataupun keras bisa menjadi pemicunya. Tak terkecuali dengan wanita hamil. Gigi berlubang bisa tiba-tiba muncul. Agar tidak menimbulkan gangguan yang lebih serius, wanita hamil tersebut harus segera menambal gigi yang lubang tersebut. Berbahayakah menambal gigi saat hamil?

Menurut banyak dokter gigi, menambal gigi yang bolong pada saat hamil itu relatif aman. Akan tetapi di sini perlu diperhatikan banyak hal agar penambalan gigi ini tidak berbahaya bagi janin yang sedang dikandungnya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar menambal gigi pada saat hamil tidak berbahaya.

Jenis Penambal Gigi
Jenis penambal gigi yang akan digunakan wanita hamil adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Tentu saja karena penambal gigi bisa saja turut larut dalam makanan yang kemudian tersebar ke dalam darah dan mungkin pada akhirnya membahayakan janin yang sedang dikandungnya.

Penambal gigi putih (white fillings) adalah jenis penambal gigi yang cukup aman pada wanita hamil. Penambal gigi ini biasanya terbuat dari porselen. Adapun penambal gigi yang berbahan dasar merkuri (raksa) yang di dalam dunia kedokteran gigi disebut sebagai amalgam sebaiknya dihindari. Meskipun tak ada catatan bukti yang kuat mengenai bahaya amalgam terhadap ibu hamil, pertimbangan akan sifat merkuri yang bisa menembus plasenta (penghubung bayi dengan ibunya) menjadi alasannya.

Usia Kehamilan
Banyak dokter ahli gigi yang menyatakan bahwa melakukan penambalan gigi akan sangat aman terhadap wanita hamil (janinnya) itu jika dilakukan pada saat janin sudah mencapai trimester ketiga. Hal ini tentu atas pertimbangan janin yang sudah besar dan lebih toleran terhadap zat yang terkandung di dalam penambal gigi.

Tidak Menggunakan Sinar X
Meskipun menambal gigi jarang menggunakan sinar x, ada beberapa ahli gigi yang mendiagnosis kebolongan gigi dengan menggunakan sinar x. Jika Anda sedang hamil pastikan Anda menghindarinya. Beri tahukan dokter gigi Anda bahwa Anda sedang hamil agar mereka tidak menggunakan sinar x.

Sinar x berbahaya bagi kesehatan janin karena sinar x mempunyai tenaga pancar yang kuat yang mungkin bisa membuat sel-sel janin bermutasi yang akhirnya mengakibatkan janin tumbuh tidak terkontrol atau tidak sempurna.

Nah itulah penjelasan mengenai menambal gigi saat hamil yang tidak berbahaya alias aman bagi ibu hamil. Pastikan Anda selalu waspada pada apa pun ketika hamil. Baik yang sifatnya obat kimia atau pun tindakan medis. Tentu saja agar kesehatan dan pertumbuhan janin di dalam rahim Anda selalu terjaga. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil?

Sekianlah artikel ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips Kesehatan Berbahayakah Menambal Gigi Saat Hamil? dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/09/esyaku-tips-kesehatan-berbahayakah.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top