Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Kamis, 16 Mei 2013

Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol

Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khasiat, Artikel Makanan, Artikel Manfaat, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol
link : Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol

Baca juga


Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol

Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol
Kolesterol bisa menyerang siapapun jika makanan yang kita makan tidak sehat dan tidak teratur, di sini informasi yang di sajikan tentang Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk menambah informasi bagi kesehatan.

Berikut ini yang termasuk Bahan Makanan Penurun Kolesterol :

1. Kacang Kedelai

Mengonsumsi kedelai sebagai pengganti sumber protein lain yang juga mengandung serat dan isoflavon telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Beberapa bentuk sajian yang menggunakan kacang kedelai di antaranya adalah tahu, tempe, susu kedelai, yoghurt dari susu kedelai, dan edamame.

2. Serai

Department of Nutritional Science and Medicine di University of Wisconsin melakukan penelitian dan menemukan bahwa 36% dari pria yang diberikan 140 mg minyak serai setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol sebanyak 10%. Hal ini terjadi karena kandungan citral yang terdapat pada serai mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Bawang Putih

Bawang putih  mengandung alliin, yakni senyawa kimia yang terdiri dari sulfur dan asam amino. Alliin mampu meningkatkan kadar HDL sekaligus memperlambat endogen sintesis kolesterol, sehingga membantu mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Rumput Laut

Kandungan serat alami yang tinggi pada rumput laut mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta membuang zat beracun dalam tubuh.

5. Cabe Rawit

Siapa yang sangka kalau bumbu masak yang pedas ini sebenarnya kaya beta carotene dan vitamin C yang merupakan antioksidan yang berpotensi mencegah kanker dan penyakit jantung? Capsaicin, senyawa yang terkandung dalam cabe rawit, dapat membantu menurunkan kolesterol dan triglyceride, serta membantu mencegah pembentukan penggumpalan darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.

6. Jahe

Menurut University of Maryland Medical Center, kandungan gingerol yang terdapat pada jahe bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah pembentukan plak dalam pembuluh darah .

7. Kunyit

Menurut penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, kunyit mampu membantu menurunkan tingkat kolesterol karena kandungan curcumin yang terdapat di dalamnya. Di samping itu, kunyit juga mengandung antioksidan yang dapat melawan  radikal bebas, sehingga mencegah penuaan dini dan kerusakan pada jaringan sel.

8. Apel, Wortel, dan Anggur

Bahan-bahan ini memiliki kesamaan, yaitu mengandung pectin, sejenis serat yang dapat larut dan melelehkan kolesterol jahat.

9. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, mackerel, dll mengandung asam lemak omega 3 yang membantu menurunkan kolesterol dan triglyceride.

10. Terong

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan scopoletin pada terong mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang terserap melalui makanan berlemak.

Itulah artikel ini yang membahas Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk para pembaca yang selalu semangat untuk terus hidup sehat.


Demikianlah Artikel Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol

Sekianlah artikel Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ada 10 Bahan Makanan Penurun Kolesterol dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/05/ada-10-bahan-makanan-penurun-kolesterol.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top