Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Sabtu, 04 Mei 2013

Manfaat Omega 3, 6, Dan 9

Manfaat Omega 3, 6, Dan 9 - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Omega 3, 6, Dan 9, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khasiat, Artikel Makanan, Artikel Manfaat, Artikel News, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Omega 3, 6, Dan 9
link : Manfaat Omega 3, 6, Dan 9

Baca juga


Manfaat Omega 3, 6, Dan 9

Banyak orang yang menginginkan tubuh sehat, ideal, dan bugar. Tetapi kadang orang berlebihan mengonsumsi makanan yang sehat ataupun kekurangan, yang akhirnya kelebihan bisa merugikan diri kita dan juga sama halnya jika kekurangan. Kali ini membahas Manfaat Omega 3, 6, Dan 9.

Tubuh memerlukan banyak vitamin untuk memenuhi nutrisi sehari-hari dalam menunjang aktivitas.  Selain bersumber dari buah dan sayuran yang kaya akan vitamin, ada sumber lainnya yang tak kalah penting bagi tubuh.  Nutrisi tersebut tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh, yaitu Omega-3, Omega-6, dan Omega-9.

Manfaat Omega 3, 6, Dan 9.


Omega-3
Asam lemak Omega-3 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita.  Jadi, Omega-3 dianggap penting sebagai asam lemak esensial.  Omega-3 sendiri terbentuk dari asam lemak Seperti  EPA (Eicosapentaenoic Acid), DHA (Docosahexaenoic Acid) dan ALA (A-linolenat).

Manfaat:
Bila Anda rajin konsumsi Omega-3 setiap hari tanpa dosis berlebihan, banyak manfaat yang bisa diperoleh, lho!  Mulai dari membantu perkembangan otak dan memori anak-anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol tinggi, menyehatkan mata, mengurangi depresi, bahkan bagi ibu hamil.  Ya, ibu hamil yang konsumsi Omega-3 bisa membuat bayi terlahir lebih sehat dan cerdas, juga meningkatkan kualitas air susu.

Lalu, apa manfaat bagi buah hati?  Menurut penelitian, anak yang malas konsumsi ikan bisa menghambat perkembangan otak dan kesehatan mata.  Lho, bagaimana dengan anak yang tidak mau makan ikan?  Mudah saja, Anda bisa memberikan suplemen minyak ikan yang kini banyak di jual.

Sumber:
Ternyata banyak makanan sehari-hari yang juga mengandung Omega-3.  Anda yang suka sarapan dengan telur ayam, bahan makanan ini cukup memenuhi asupan nutrisi Omega-3.  Selain itu bisa dengan konsumsi kacang kenari, ikan salmon dan tuna.  Nah, bila buah hati Anda sulit makan ikan dan enggan konsumsi suplemen karena berbau amis, masih ada solusinya!  Saat ini banyak produk minyak ikan yang diberi rasa buah-buahan yang tentu lebih disukainya.  Namun, tetap usahakan ia mendapat asupan Omega 3 dari makanan lain dengan dosis anak 1-2 tahun: 1 ons, 3-6: 1,5 ons dan di atas 6 tahun: 2 ons.

Omega-6
Tak jauh berbeda dengan Omega-3, Omega-6 juga lemak tak jenuh ganda yang tidak diproduksi tubuh.  Jenis asam lemak ini antara lain asam linoleat, gamma-linoleat dan asam arakidonat.

Manfaat:
Tentu setiap orang ingin jantungnya sehat dan Omega-6 memiliki peran dalam hal itu.  Manfaat Omega-6 yang menyehatkan organ jantung menjadi penting bila ingin terhindar dari penyakit jantung.

Dalam beberapa literatur disebutkan, asupan asam lemak  omega-6 juga harus diseimbangkan dengan asam lemak esensial lainnya yakni omega-3. Menurut para ahli, asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki fungsi yang saling berkaitan. Keduanya bekerja bersinergi memelihara kesehatan kulit, kuku, rambut, hormon, meringankan gejala asma, serta mencegah kerusakan sel pada pengidap kanker.

Sumber:
Omega-6 terkandung pada jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.  Jadi, bila ingin jantung sehat jangan
lupa menambahkan kedelai, bunga matahari, jagung, kacang tanah, minyak nabati atau daging merah pada menu harian Anda.

Omega-9
Masih dari keluarga lemak tak jenuh, Omega-9 dikenal sebagai asam oleat.  Asam lemak ini diproduksi oelha tubuh namun akan lebih berkhasiat bila diperoleh dari makanan.

Manfaat:
Anda hobi makan gorengan atau sesuatu yang mengandung banyak minyak?  Omega-9 bisa dijadikan solusi dalam mengurangi lemak jahat pada minyak goreng.  Bahkan, bila dikonsumsi secara teratur, risiko penyakit jantung dan stroke ternyata bisa berkurang!

Sumber:
Minyak canola, minyak bungan matahari, minyak zaitun, almond dan alpukat adalah makanan yang mengandung asam oleat.  Semua sumber makanan itu berperan sama, mengurangi risiko jantung koroner.

Meskipun banyak manfaat yang bisa didapat dari ketiga jenis asam lemak tak jenuh itu, kita tetap harus waspada!  Ini karena efek buruk yang bisa timbul bila konsumsi Omega-3,6 dan 9 dengan dosis berlebihan.  American Heart Association (AHA) telah merekomendasikan bahwa seseorang harus memenuhi 5-10 persen kalori harian dari asam lemak omega-6.  Kebutuhan omega-6 bagi orang dewasa sehat adalah 1-3 gram/hari.  Bila berlebihan, Anda akan mengalami perdarahan dan stroke hemorrhagic.

Itulah informasi tentang Manfaat Omega 3, 6, Dan 9, yang dapat kita cerna untuk jenjang kehidupan dalam mengkonsumsi makanan, dan jangan berlebihan ataupun kekurangan suatu kandungan, zat, maupun vitamin yang dapat merugikan tubuh.


Demikianlah Artikel Manfaat Omega 3, 6, Dan 9

Sekianlah artikel Manfaat Omega 3, 6, Dan 9 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Omega 3, 6, Dan 9 dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/05/manfaat-omega-3-6-dan-9.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top