Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Kamis, 23 Mei 2013

Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya

Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Makanan, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya
link : Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya

Baca juga


Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya

Ingin sehat pastinya harus sring sarapan, untuk kali ini kita bahas tantang Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya, yang mudah-mudahan bisa menambah wawasan dalam kesehatan yang harus selalu kita jaga di setiap harinya.

Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya :

Terlalu banyak Karbohidrat

Di pagi hari (jam 6-7 pagi), karbohidrat simple/sederhana seperti nasi, roti putih, mie, roti panggang akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan tubuh melepaskan insuliln yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat gula darah (karena habis terpakai dalam) darah yang terjadi sekitar jam 10-11 siang dan keinginan untuk makan lebih banyak lagi karbohidrat. Kemudian pada jam 12-13 anda makan siang, gula darah anda kembali naik drastis dikarenakan untuk mencerna nasi maka pankreas terpaksa harus memproduksi insulin lebih banyak lagi. Tubuh kemudian kecapean dan gula darah menurun pada jam 4-5 sore, pada jam ini anda merasa lapar lagi dan ingin ngemil sesuatu yang berlemak tinggi. pada malam hari anda mengkonsumsi nasi lagi dan menyebabkan kadar gula darah naik kembali secara drastis. begitulah seterusnya yang akhirnya menurunkan tingkat metabolisme anda. Sehingga bangun tidur anda terasa pegal atau BAB tidak teratur, dll. kedua hal tersebut adalah beberapa hal akibat turunnya tingkat metabolisme tubuh kita.


Tidak Sarapan Pagi

Saat anda tidak sarapan, gula darah di pagi hari (jam 6-7 pagi) akan turun drastis di bawah normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan tergiur untuk mengkonsumsi karbohidrat simple/sederhana pada jam 9-11 siang, akibatnya level gula darah anda naik drastis. pada jam 12-13 anda makan siang dan gula darah semakin naik. Tubuh mengalami kecapean kerja pada jam 3-4 sore, anda mulai mengantuk dan gula darah anda turun, begitulah seterusnya siklusnya sehingga pada malam hari kadar gula darah anda justru akan menurun. Jika begini, anda akan mudah terbangun dimalam hari dan merasa lapar atau anda bermimpi/tidur tidak nyenyak. Hal ini juga salah satu tanda menurunnya tingkat metabolisme tubuh.

Apa Menu Sarapan Pagi Anda ?
Seporsi lontong sayur 420 gram ? Kalorinya: 391 kalori
1 buah roti keju ? Kalorinya: 186 kalori
Gado-gado lontong ? Kalorinya: 488 kalori
Nasi rames ? Kalorinya: 680 kalori
Nasi soto ayam ? Kalorinya: 596 kalori
Seporsi nasi ayam goreng ? Kalorinya: 572 kalori
Mie kuah ? Kalorinya: 303 kalori
Bubur ketan hitam + santan ? Kalorinya: 408 kalori
Bakpao 1 buah ? Kalorinya: 246 kalori

Anda tahu....umumnya wanita hanya butuh 1500 - 2000 kalori sehari. Pria butuh 2000 - 2500 kalori sehari. Sarapan di atas belum termasuk minuman manis, softdrink, ngemil kue/biskuit, jajan bareng temen, makan siang dan makan malam. Cobalah hitung perkiraan kalori makanan anda dalam sehari.......?!


Kriteria Sarapan Sehat

Sarapan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan:
Cukup nutrisi, vitamin dan mineral
Cukup Protein dan asam amino
Cukup karbohidrat kompleks (bukan karbohidrat nasi)
Cukup lemak baik
Cukup air putih
Sarapan seperti ini akan mencuplai tubuh kita nutrisi yang diperlukan sel tubuh, bukan sekedar lambung kita kenyang. Mendapatkan energi tanpa harus menaikkan hormon insulin dan menaikkan kadar gula darah setelah makan. Sarapan seperti ini menghindarkan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat simple (contoh: kalo gak makan nasi maka belum mantep dan belum dikatakan makan).
Dengan cara ini kita lebih bisa mengontrol nafsu makan kita seharian penuh. Keinginan ngemil pun akan berkurang. Sehingga tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak dan gula dalam tubuh untuk dibakar menjadi energi dan sumber energi.

Itulah bahasan kali ini tentang Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk menambah informasi dalam sarapan sehari-hari.


Demikianlah Artikel Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya

Sekianlah artikel Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Sarapan Buruk Dan Efek Sampingnya dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/05/inilah-sarapan-buruk-dan-efek-sampingnya.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top