Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Kamis, 04 Juli 2013

Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita

Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khasiat, Artikel Manfaat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita
link : Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita

Baca juga


Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita

Buah Pare yang memiliki rasa pahit yang menjadi khas buah tersebut, walaupun warnanya indah dan rasanya pahit tetapi pare memiliki Manfaat dan Khasiat Bagi kesehatan. Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan bisa membuat kita mengetahui tentang guna bagi tubuh kita agar kita selalu terlihat sehat.

Pare biasa dimakan dengan direbus (sebagai lalap), ditumis, atau menjadi bagian dari gado-gado. Bahkan saya sering menemukan pare di dalam campuran jajanan seperti siomay di kota Bandung.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pare: Sudah sejak lama daun dan buah pare bermanfaat bagi kesehatan. Besar kemungkinan, berkat kandugnan fitokimianya seperti saponin, flavonoid, polifenol, glikosida cucurbitacin, momordicin, asam trichosanat, dan charatin. Selain itu, pare mengandung serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Beberapa khasiat buah pare untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

Menambah Nafsu Makan
Kandungan asam trichosanat dan momordicin berkhasiat meningkatkan fungsi pencernaan di lambung sehingga pengasupnya bisa makan lahap.

Mencegah Kehamilan
Penelitian Oentoeng Soeradi dan Asmarinah (1994) dari Universitas Indonesia pada hewan coba menunjukkan, hewan yang diberi pare spermatozoid-nya mati terbunuh. Atas dasar inilah, orang beranggapan pare yang rasanya pahit ini bisa mencegah kehamilan.

Mengatasi Diabetes Mellitus
Para dokter di India sudah lama menggunakan pare untuk mengatasi diabetes mellitus karena memiliki sifat hipoglikemik yang kuat. Kemampuan ini dibuktikan Suwijiyo dari Pusat Penelitian Obat Tradisional Universitas Gajah Mada. Ketika ekstrak buah ini diberikan pada penderita diabetes selama 2 minggu, hasilnya kadar glukosa darah mereka turun secara signifikan. Diperkirakan karena senyawa sulfonylurea yang biasanya ada pada obat diabetes. Juga karena sterol glikosidanya.

HIV-AIDS.
Pare pun disebut-sebut bisa dipakai membantu melawan AIDS. Penelitian di AS menemukan senyawa sejenis protein alpha-momocharin atau MAP 30 yang dapat menghambat pembiakan HIV penyebab AIDS. Penelitian ini diterapkan pada pasien AIDS. Mereka diberi ekstrak pare selama 3 bulan tingkat kekebalan tubuhnya meningkat.

Kandungan Gizi dalam 100 gram buah pare

    Energi 29 kal
    Protein 1,1 g
    Lemak 0,3 g
    Karbohidrat 6,6 g
    Serat 1,5 g
    Kalsium 45 mg
    Fosfor 64 mg
    Zat Besi 1,4 mg
    Vitamin A 180 IU
    Vitamin B1 0,08 mg
    Vitamin C 52 mg
    Air 91,2 g


Catatan Lain:

    Pare yang sudah digunakan sejak zaman nenek moyang kita, dipercaya dapat menurunkan demam, mengatasi gangguan liver, dan sebagai obat cacing.
    Pare sebaiknya tidak diberikan pada anak karena dapat menurunkan kadar gula mereka. Mereka yang cenderung kadar gula darahnya rendah juga dilarang mengonsumsinya.
    Begitu juga para ibu hamil dikhawatirkan akan mengalami keguguran.

Suatu Informasi tentang kesehatan banyak manfaatnya, termasuk Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan. Mungkin hanya itu yang dapat saya informasikan, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.


Demikianlah Artikel Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita

Sekianlah artikel Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Manfaat dan Khasiat Pare Bagi Kesehatan Kita dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/04/mengenal-manfaat-dan-khasiat-pare-bagi.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top