Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Rabu, 03 Juli 2013

Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khasiat, Artikel Manfaat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan
link : Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Baca juga


Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan



Mengetahui Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kacang hijau sebagai bahan pangan yang mengandung banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Di Indonesia kacang hijau bisa di jadikan bahan pangan, dan toghe bisa jadi bahan pelengkap sayuran.

Kandungan vitamin dan mineral kacang hijau: Kacang hijau termasuk bahan makanan yang tinggi daya cernanya (tidak menghasilkan gas saat diasup). Itu sebabnya kacang hijau cocok diberikan pada bayi yang sudah mulai diberi makanan pendamping ASI dan para lansia. Selain kaya serat, kacang hijau mengandung vitamin B kompleks, provitamin A, zat besi, kalsium, dan fosfor.

Beberapa khasiat kacang hijau untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

Mengobati Anemia (Kurang Darah)
Kacang hijau sebagai "obat" anemia sudah dikenal sejak lama. Namun, tidak semua anemia dapat dibantu oleh kacang hijau. Hanya anemia akibat kekurangan zat besi. Menurut penelitian Taslimah (1990), kandungan zat besi pada kacang hijau paling tinggi di antara kacang-kacangan lainnya.

Pertumbuhan Bayi dan Anak
Secara turun-temurun, ibu-ibu yang sedang hamil sering diingatkan untuk rajin mengonsumsi kacang hijau. Anjuran ini ada benarnya karena kacang hijau kaya protein yang diperlukan untuk pertumbuhan sel, termasuk sel rambut. Itu sebabnya, seringkali bayi dari ibu yang rajin mengasup kacang hijau rambutnya lebat.

Bayi yang mulai mengasup makanan pendamping ASI bila diberi kacang hijau, pertumbuhannya akan maksimal karena kandungan vitamin B kompleksnya. Vitamin ini membantu kelancaran proses pencernaan sehingga lebih banyak zat gizi yang terserap.

Menurunkan Berat Badan
Kandungan serat yang tinggi, dipadu kadar lemak tak jenuh membuat kacang hijau cocok dikonsumsi oleh mereka yang hendak menurunkan berat badan.

Mencegah Penyakit Jantung
Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak sehingga tidak membentuk plak, penyebab serangan jantung dan strok. Lemaknya merupakan lemak tak jenuh yang disebut-sebut dapat menurunkan kolesterol. Hewan coba yang diberi kacang hijau, kadar kolesterol total, kolesterol "jahat" LDL, dan trigliseridanya turun.

Menguatkan Tulang
Kandungan kalsium dan fosfornya baik bagi kesehatan tulang - termasuk pertumbuhan tulang pada anak, serta menguatkan tulang (mencegah osteoporosis) dan gigi.

KANDUNGAN GIZI DALAM 100 G KACANG HIJAU

    Energi 345 kal
    Protein 22,2 g
    Lemak 1,2 g
    Karbohidrat 62,9 g
    Serat 4,1 g
    Kalsium 125 mg
    Fosfor (320) mg
    Zat Besi 6,7 mg
    Vitamin A 157 IU
    Vitamin B1 0,64 mg
    Vitamin C 6 mg
    Air 10 g

Itu semua adalah informasi yang saya ketahui tentang Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan, karena masih banyak infirmasi lagi tentang yang lainnya, semoga bermanfaat untuk informasinya.


Demikianlah Artikel Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Sekianlah artikel Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berbagai Khasiat Kacang Hijau Bagi Kesehatan dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/04/berbagai-khasiat-kacang-hijau-bagi.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top