Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Selasa, 20 Desember 2016

ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu

ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu
link : ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu

Baca juga


ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu

 Masalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu

  
Gigi bongsu adalag gigi geraham yang tumbuh paling ahir (molar ketiga).  Ada 4 gigi geraham bongsu  dua tumbuh di atas dan dua lagi tumbuh dibawah. Gigi bongsu biasanya  tumbuh saat sesorang berada di usia 18-25 tahun. Yang sering bermasalah adalah gigi bongsu bagian bawah, bagian bawah tidak cukup ruang untuk gigi bongsu tumbuh sehingga menimbulkan gigi tumbuh ke dalam atau tumbuh miring.

Masalah yang sering terjadi saat gigi bongsu tumbuh adalah:

Gusi bengkak
Gigi bagian depan menjadi sensitive
Sakit menjalar sampai ke leher dan juga bagian pipi
Sulit membuka mulut
Susah mengunyah makanan
Menimbulkan demam

Kapan gigi bongsu harus di cabut?

Saat gigi bongsu tumbuh dengan sempurna dan tanpa ada masalah tidak perlu untuk mencabut. Namun apabila tumbuhnya gigi bongsu tersebut membawa masalah dan keluhan berlanjut segera pergi ke dokter gigi untuk konsultasi guna penanganan lebih lanjut. Sebelum benar-benar melakukan pencabutan pada gigi bongsu konsultasikan terlebih dahulu dampak yang akan di akibatkan dan keuntungan yang akan di dapatkan setelah mencabut gigi bongsu. Lakukan scanning dan atau sinar X.
Saat melakukan pencabutan pada gigi bongsu dokter akan menyuntikkan obat bius untuk menghilangkan rasa sakit saat pembedahan. Lalu memulai dengan membuka gusi dan membagi gigi menjadi dua bagian yaitu gigi bagian akar dan gigi bagian kepala, serpihan kepala akan di keluarkan kemudian akan di susul dengan gigi bagian akar untuk di angkat keluar. Selanjutnya menutup kembali luka bekas bedah dengan jahitan. Proses pembedahan gigi bongsu memerlukan waktu sekira 15 menit � 1 jam. Lamanya waktu pembedahan  tergantung dari kondisi gigi bongsu tersebut. Pasien di sarankan untuk istirahat selama 1-2 hari setelah di lakukan pembedahan, apabila ada keluhan membutuhkan waktu 1 minggu untuk membuka benang sampai benar-benar dokter menyatakan kondisi gusi dan gigi sekitar membaik.

Komplikasi yang mungkin di timbulkan setelah mencabut gigi bongsu:

Sakit karena terjadi perdarahan

Infeksi
Bengkak pada mulut
Bibir pecah-pecah/kering akibat gesekan dari tangan dokter saat pembedahan
Bengkak pada kelenjar yang berdekatan dengan kerongkongan

Peradangan di atas akan hilang dalam waktu 1-2 hari setelah itu akan hilang. Ini terjadi karena reaksi badan terhadap luka akibat pembedahan.
Ada resiko yang akan di dapat pasien setelah melakukan pencabutan pada gigi bongsu adalah gigi atau tampalan menjadi retak, tulang rahang pecah, syaraf bagian bawah akan tertekan, namun dari resiko ini bisa kembali normal dalam beberapa minggu.


Demikianlah Artikel ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu

Sekianlah artikel ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel ESYAKU Tips KesehatanMasalah Yang Harus di Ketahui Saat Tumbuh Gigi Bongsu dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2016/12/esyaku-tips-kesehatanmasalah-yang-harus.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top