Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Selasa, 24 Februari 2015

Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis

Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel News, Artikel Penyakit, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis
link : Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis

Baca juga


Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis

Ini dia penyakit tulang yang rawan terkena pada usia yang sudah lanjut, kali ini saya membuat artikel tentang Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis.
Osteoarthritis adalah suatu gangguan persendian dimana terjadi perubahan berkurangnya tulang rawan sendi dan terjadi hipertropi tulang hingga terbentuk tonjolan tulang pada permukaan sendi.
Osteoarthritis atau sering di sebut dengkul kopong adalah infeksi sendi dan tulang akibat proses pengapuran tulang. Biasanya, gangguan yang berkenaan pula dengan penyakit tulang rhematik ini hanya terjadi di lutut. Berbeda dengan Osteoporosis yang merupakan pengeroposan hampir di seluruh sendi tubuh.

Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis

Keluhan sakit sendi biasanya hilang-hilang timbul dan menyerang hanya beberapa persendian. Pada tahap awal, nyeri sendi timbul bila selesai latihan fisik yang berat dan kemudian hilang setelah istirahat. Keluhan kemudian berlanjut menjadi kekakuan sendi sewaktu bangun pagi yang hilang dalam waktu 15-30 menit dan makin berkurang setelah digerakkan.


Jenis-Jenis Osteoarthritis

1. Ideopathic
a. Lokal

    Tangan (benjolan Herbenden dan Bouchard = Osteoarthritis yang erosif)
    Kaki (hallux vagus, hallux rigidus)
    Lutut (platellafemoral)
    Pinggul (tonjolan tulang punggung)

b. Menyeluruh (Generalized  Osteoarthritis )

2. Sekunder
a. Trauma (akut dan kronis)
b. Kongenital

    Lokal (misalnya penyakit perthes, pergeseran sendi pangkal paha yang kongenital, kepala tulang paha tergelincir dari rongga sendi)
    Faktor mekanik
    Displasia tulang

c. Metabolik (misalnya Ochronosis, hemochromatosis, gout)

d. Endokrin (akromegali, diabetes, dan obesitas). Penyakit tulang persendian lain (osteonekrosis Charcot arthropathi, rheumatoid arthritis dan gout)
e. Penyakit dengan penyebab yang masih belum jelas (penyakit Kashin-Beck dan penyakit Mselani)

Osteoarthritis biasanya terjadi pada usia di atas 50 tahun. Di Amerika, dilaporkan bahwa terdapat lebih dari 60.000.000 penderita osteoarthritis, sampai penyakit ini disebut sebagai penyakit pasca pensiun. Sekitar 300.000 penderita menjalani operasi tulang panggul, terutama karena menderita osteoarthritis.

Sebagian besar penderita osteoarthritis kelihatannya menderita obesitas. Perempuan lebih banyak menderita osteoarthritis daripada laki-laki dan terutama pada usia lanjut.


Sendi yang sering dikenai osteoarthritis adalah :

    Sendi lutut
    Sendi panggul
    Beberapa sendi kecil di tangan dan kaki


Penderita osteoarthritis panggul biasanya menderita :

    Kelainan kongenital yang disebut kongenital displasia
    Mengalami pergeseran sendi pangkal paha atau penyakit Legg-Calve-Perthes (peradangan tulang dan tulang rawan atau ostochondrosis)

Penderita  Osteoarthritis  sendi kelihatannya dipengaruhi oleh faktor keluarga. Sendi yang sering menderita adalah :

    Ujung-ujung jari terutama jari jempol
    Persendian tulang leher
    Pinggang
    Lutut
    Pinggul


Beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi terjadinya  Osteoarthritis g, antara lain :

    Proses ketuaan
    Trauma pada sendi
    Stres sendi (karena terlalu banyak dipakai atau beban terlalu berat)
    Aktivitas olahraga yang berlebihan

Itulah, informasi yang menjelaskan tentang Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis yang bisa bermanfaat untuk anda.

Penyakit Raquitismo atau Rakhitis
Cara Cara Diet Alami Yang Baik Dan Sehat
Cara Menambah Tinggi Badan Alami Dan Dengan Berolahraga
EFEK!! Memakai Minyak Rambut
Rambut Rusak?? Pasti Ini Penyebabnya


Demikianlah Artikel Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis

Sekianlah artikel Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyakit Osteoartritis kerabat Osteoporosis dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2015/02/penyakit-osteoartritis-kerabat.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top