Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Selasa, 20 Mei 2014

Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis)

Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis) - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel News, Artikel Penyakit, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis)
link : Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis)

Baca juga


Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis)

ESYAKU Tips Kesehatan | Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis) - Tuberkulosisi/tuberculosis merupakan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan menyerang secara perlahan hingga organ dalam tubuh kita rusak, seperti halnya paru-paru seseorang yang terkena virus bakteri TB hingga batuk berdahak di sertai darah.

Harus di perhatikan dalam hal kesehatan agar tidak terserang penyakit tersebut, yang di lakukan dapat dengan mendiagnosis virus TB di tubuh dengan menggunakan metode test Mantoux, yang sekarang di gunakan untuk mendiagnosis TB pada pasien, mengunakan cara ini bisa lebih resisten dan sensitif mengetahuinya.
symptoms tuberculosis pictures

Nah, banyak gejala-gejala yang mengakibatkan terserangnya seseorang oleh TB, dalam artikel kali ini akan membahas mengenai Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis).

Infeksi TB ini mulai meningkat pada 1985. Sebagian muncul karena HIV, virus yang menyebabkan AIDS. HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga sistem kekebalan tubuh seseorang tak bisa melawan kuman TB.

Di Amerika Serikat, dengan pengendalian yang ketat, TB mulai turun pada 1993, namun masih jadi pusat perhatian.

Orang dengan TB aktif harus minum beberapa jenis obat selama berbulan-bulan untuk membasmi infeksi dan mencegah perkembangan resistensi antibiotik.

Meskipun tubuh bisa menjadi pelabuhan bakteri yang menyebabkan TB, sistem kekebalan tubuh biasanya bisa mencegah Anda dari sakit. Karena alasan itu, dokter membedakan TB dalam dua macam:

1. TB Laten: Pada kondisi ini, Anda memiliki infeksi TB, tapi bakteri tetap dalam tubuh Anda dalam keadaan tidak aktif serta tak menimbulkan gejala.

TB laten juga disebut TB tidak aktif atau TB infeksim yang tak menular. Namun, bisa berubah menjadi aktif sehingga pengobatan penting bagi TB laten untuk membantu mengendalikan penyebaran TB. Diperkirakan, sepertiga penduduk dunia mengalami TB laten.

2. TB aktif. Kondisi membuat Anda sakit dan bisa menularkan ke orang lain. Ini bisa terjadi beberapa minggu pertama setelah terinfeksi bakteri TB atau beberapa tahun kemudian.

Tanda dan Gejala TB Aktif

Kebanyakan, orang tak menyadari mengalami gejala TB dan bingung membedakannya dengan penyakit lain karena tak mudah untuk mengenalinya. Padahal, gejala dimulai secara bertahap dan berkembang dalam jangka waktu beberapa minggu hingga berbulan-bulan.

Orang sering mengalami satu atau dua gejala ringan dan tak mengenalinya sedini mungkin. Gejala sering tidak muncul sampai penyakit ini berkembang. Mengidentifikasi gejala TB bisa membantu seseorang mencegah komplikasi seperti infeksi PPOK (Penyakit paru Obstruktif Kronik) pada organ tubuh lain.

Berikut sejumlah tanda dan gejala khas jika orang terkena TB:

    Batuk. Pada tahap selanjutnya, batuk bisa menghasilkan dahak berwarna abu-abu atau kuning yang bisa bercampur dengan darah
    Perhatikan penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan.
    Kelelahan
    Demam
    Berkeringat di malam hari adalah salah satu cara tubuh melindungi darpenyakit. Berkeringat di malam hari dapat dimulai dengan demam dan akhirnya menyebabkan keringat berlimpah diikuti oleh menggigil.
    Panas dingin
    Kehilangan nafsu makan
    Amati urine yang berubah warna (kemerahan) atau urine keruh. Ini merupakan gejala yang muncul pada tahap selanjutnya

Organ yang Terpengaruh

TB bisa menyerang paru-paru Anda dan bagian organ lainnya.Jika Anda mengalami TB paru, maka tanda dan gejala yang dihadapi

    Batuk yang berlangsung tiga minggu atau lebih
    Batuk darah atau sputum
    Perhatikan nyeri di dada dan paru-paru, yang bisa menyebabkan sesak napas. Sesak napas itu bisa menyebabkan pusing.


Selain paru-paru, TB bisa mempengaruhi bagian lain dari tubuh Anda, termasuk tulang belakang, ginjal, dan otak. Ketika TB terjadi di luar paru-paru, gejala bervariasi tergantung organ yang terlibat. Misalnya saja TB tulang belakang yang bisa membuat punggung Anda sakit, dan TB ginjal yang bisa menyebabkan urine berdarah.

Meski TB menular, bukan pekerjaan mudah untuk mengenalinya. Anda lebih mungkin tertular TB dari seseorang yang hidup dengan Anda atau bekerja bersamanya dibanding orang yang tak dikenal. Kebanyakan orang dengan TB aktif yang sudah menjalani terapi obat yang tepat, setidaknya dua minggu sudah tidak lagi menular.

TB tetap menjadi pembunuh utama karena peningkatan dalam obat yang tahan dengan strain bakteri. Sejak antibiotik pertama digunakan untuk melawan TB sejak 60 tahun yang lalu, beberapa kuman TB mengembangkan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dan kemampuan itu diteruskan ke keturunannya.

Obat menjadi resisten terhadap TB ketika antibiotik gagal membunuh semua bakteri. Bakteri yang hidup menjadi resisten terhadap obat tertentu dan sering pada antibiotik lainnya.

Baca juga mengenai :
Apa itu tuberkulosis (what is tuberculosis)
Pengenalan dan Sejarah tuberkulosis (Tuberculosis-tb)


Demikianlah Artikel Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis)

Sekianlah artikel Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gejala Tuberkulosis (symptoms of tuberculosis) dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2014/05/gejala-tuberkulosis-symptoms-of.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top