Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Kamis, 23 Januari 2014

Manfaat & Khasiat Jeruk

Manfaat & Khasiat Jeruk - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat & Khasiat Jeruk, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khasiat, Artikel Manfaat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat & Khasiat Jeruk
link : Manfaat & Khasiat Jeruk

Baca juga


Manfaat & Khasiat Jeruk

Kita tahu buah jeruk yang rasanya menyegarkan, memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh kita agar terlihat sehat selalu. Manfaat & Khasiat Jeruk terkadang tidak di sadari oleh kita, karena kita ketahui jeruk hanya bisa menyembuhkan sariawan dan memberi kesegaran saja.

Tetapi tidak begitu juga karena Manfaat & Khasiat Jeruk banyak di cari untuk beberapa pengobatan.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa spesies jeruk yang dibudidayakan seperti Citrus aurantifolia (Jeruk nipis), Citrus maxima (Jeruk pomelo), Citrus medica (Jeruk sukade), Citrus reticulata (Jeruk keprok). Sedang untuk jeruk Hybrida yang dibudidayakan di Indonesia antara lain Citrus × aurantium (Bitter Orange), Citrus × hystrix (Jeruk purut), Citrus × latifolia (Persian Lime), Citrus × limon (Jeruk lemon).

Indonesia punya banyak sentra perkebunan jeruk. Sebut saja daerah di sekitar Pontianak yang terkenal dengan jeruk siamnya, lalu di sekitar Medan yang terkenal dengan jeruk medannya.

Kandungan vitamin dan mineral buah jeruk: Kandungan vitamin C pada jeruk cukup tinggi sehingga tidak mengherankan buah ini dianggap sebagai salah satu sumber antioksidan terbaik. Serat pada jeruk sendiri termasuk dalam jenis larut di dalam air, yaitu pektin.

Beberapa khasiat buah jeruk untuk kesehatan dan mengobati penyakit antara lain:

Obat Selesma
Selain kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, flavonoid pada jeruk, menurut Palissero C (1996) bersifat antivirus yang dapat menghambat pelepasan histamin (kerap terjadi penderita selesma maupun alergi). Makanya mereka yang sedang menderita selesma perlu banyak mengonsumsi jeruk untuk mempercepat penyembuhan.

Obat Sariawan
Pernah dilakukan penelitian terhadap manusia yang tidak diberi asupan vitamin C selama 3 - 5 bulan. Hasilnya, mulut mereka penuh sariawan. Karena itulah, jeruk yang kaya vitamin C sering disebut-sebut juga sebagai obat alami anti-sariawan.

Melawan Kanker
Jeruk manis ampuh dalam mencegah kanker berkat kandungan karotenoidnya yang berperan sebagai sumber vitamin A. Kandungan vitamin C, dan senyawa flavonoid sperti hesperidin. Senyawa monoterpenes-nya bahkan memiliki dua manfaat, yaitu melindungi sel dari kanker dan melawan kanker.

Jantung Koroner
Karotenoid pada jeruk juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Jeruk juga sumber asam folat yang potensial, dapat menurunkan kadar homosistein (racun bagi dinding pembuluh darah) sehingga risiko penyakit kardiovaskular berkurang. Kandungan vitamin C-nya berfungsi mencegah oksidasi LDL yang mengakibatkan terbentuknya plak pada pembuluh jantung. Pektin serta senyawa flavonoid pad ajeruk juta membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kadar kolesterol "baik" HDL.

Kandungan Gizi dalam 100 gram buah Jeruk

    * Energi 45 kal
    * Prtotein 0,9 g
    * Lemak 0,2 g
    * Karbohidrat 11,2 g
    * Serat 0,2 g
    * Kalsium 33 mg
    * Fosfor 23 mg
    * Zat Besi 0,4 mg
    * Vitamin A (190) IU
    * Vitamin B1 0,08 mg
    * Vitamin C 49 mg
    * Air 87,2 g


Tambahan:

    * Vitamin C pada jeruk dapat mencegah ketidaksuburan pada pria dengan cara mencegah kerusakan         DNA pada sperma. Seratnya juga mencegah sembelit.
    * Air jeruk buatan sendiri lebih baik karena pasti tanpa zat pengawet dan zat pewarna.
    * Selain itu, air jeruk kemasan yang melalui proses pasteurisasi akan kehilangan sejumlah kandungan vitamin C-nya.

Itulah Manfaat & Khasiat Jeruk, yang mungkin artikel ini bermanfaat juga bagi kita semua. Terimakasih.


Demikianlah Artikel Manfaat & Khasiat Jeruk

Sekianlah artikel Manfaat & Khasiat Jeruk kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat & Khasiat Jeruk dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/04/manfaat-khasiat-jeruk.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top