Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Jumat, 31 Januari 2014

Makanan Yang Mengandung Vitamin B6

Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Makanan Yang Mengandung Vitamin B6, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khasiat, Artikel Manfaat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Makanan Yang Mengandung Vitamin B6
link : Makanan Yang Mengandung Vitamin B6

Baca juga


Makanan Yang Mengandung Vitamin B6


Vitamin sangat di butuhkan untuk kita dalam berbagai organ tubuh. Ini Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 yang perlu di ketahui oleh kita semua.

Vitamin B6 dalam dosis tinggi digunakan untuk memperbaiki kerusakan akibat penyinaran, neuritis setelah terapi isoniazid atau sikloserin. Sumber vitamin B6 sangat banyak sekali terdapat pada makanan yang kita makan sehari-hari. Oleh karena itu, kasus kekurangan vitamin B6 jarang terjadi pada manusia.

Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 :

1. Daging

Hati adalah bagian dari organ hewan-hewan seperti sapi, kambing, rusa, domba yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Organ hati ini cukup digemari karena merupakan sumber makanan alami yang banyak mengandung vitamin. Salah satunya vitamin B6. Namun juga terdapat efek samping dari konsumsi daging hati karena banyak mengandung kolesterol. Olahan hati sendiri banyak untuk olahan makanan modern seperti sosis. Daging hati kalkun mengandung vitamin B6 sebanyak 1,04 mcg dalam takaran 100 gram. Daging hati sapi mengandung vitamin B6 sebanyak 1,03 mcg dalam takaran 100 gram.

2. Ikan

Ikan juga banyak mengandung vitamin B6. Ikan yang banyak mengandung vitamin B6 antara lain ikan tuna, ikan cod, ikan salmon. Kandungan vitamin B6 pada ikan tuna dengan kadar 4 ons ikan tuna adalah 1,18 mcg. Kandungan vitamin B6 pada ikan salmon dengan kadar 100 gram adalah 0,94 mcg namun untuk kadar 3 ons mengandung vitamin B6 sebanyak 0,8 mcg. Kandungan vitamin B6 untuk ikan cod dengan kadar 100 gram adalah 0,462 mcg namun untuk kadar 3 ons mengandung vitamin B6 sebanyak 0,39 mcg. Ikan-ikan ini sudah banyak ditemui di Indonesia, seperti di pasar modern supermarket atau mall. Atau dalam bentuk lebih praktis seperti kalengan sarden.

3. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang banyak ditanam di Indonesia. Merupakan salah satu sayuran yang cukup favorit untuk dikonsumsi sehari-hari. Bayam memiliki kandungan vitamin B6 sebanyak 0,44 mcg setiap satu cangkir bayam. Bayam bermanfaat untuk melawan sel kanker, sumber anti-inflamasi, mengurangi resiko kardiovaskular, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mampu mencegah anemia.

4. Kentang

Kandungan vitamin B6 pada kentang yang dipanggang atau dimasak setiap satu kentangnya mengandung vitamin B6 sebanyak 0,54 mcg. Kentang sangat populer di Negara Indonesia. Apalagi saat bisnis makanan cepat saji hadir di Indonesia, kentang terutama kentang goreng menjadi pilihan cemilan selain digunakan pada sayuran pelengkap makanan utama.

5. Sawi

Satu cangkir masak untuk sawi mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Sawi banyak manfaatnya. Seperti mencegah osteoporosis, sawi juga mengandung niasin untuk mengurangi proses aterosklerosis hingga mencegah terjadi serangan jantung. Selain itu juga mengontrol kadar kolesterol pada tubuh. Sawi ada dua jenis yaitu sawi hijau dan sawi putih.

6. Lobak

Untuk kandungan vitamin B6 pada lobak dengan takaran 1 cangkir masak adalah 0,26 mcg. Lobak bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Dengan serat yang tinggi itu maka lobak cocok digunakan sebagai pelengkap program penurunan berat badan Anda. Lobak juga mencegah gangguan pencernaan, mencegah diabetes sampai mencegah kanker.

7. Kembang Kol

Satu cangkir kembang kol mengandung vitamin B6 sebanyak 0,2 mcg. Kembang kol ini sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena kandungan vitaminnya yang banyak serta seratnya yang banyak dapat membantu tumbuh kembang janin menjadi optimal nanti lahirnya. Sehingga menghindarkan anak terserang cacat lahir.

8. Brokoli

Untuk satu cangkir brokoli mengandung vitamin B6 sebanyak 0,16 mcg. Brokoli mengandung banyak manfaat. Diantara manfaat itu antara lain dapat mencegah sembelit dimana sering terjadi pada anak. Karena brokoli memelihara organ usus pada perut. Selain itu juga brokoli dapat menurunkan kolesterol pada tubuh.

9. Paprika

Untuk kandungan vitamin B6 pada takaran satu cangkir mengandung 0,27 mcg. Paprika adalah sayuran yang berupa buah berbentuk lonceng. Memiliki rasa yang mirip cabe walau tidak sepedas cabe. Paprika banyak digunakan dalam resep makanan. Manfaat dari paprika adalah antioksidan dan meningkatkan imunitas tubuh, sebagai antibakteri, menormalkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

10. Asparagus

Untuk satu cangkir asparagus mengandung vitamin B6 sebanyak 0,12 mcg. Asparagus sekarang ini sangat banyak digunakan untuk resep masakan. Seperti dibuat sup asparagus, orak-arik asparagus, sup kepiting asparagus, tumis asparagus ayam, tumis udang asparagus, dan masih banyak lainnya. Asaparagus sendiri bermanfaat untuk antikanker, antioksidan, antipenuaan, serta sebagai diuretik alami..

11. Pisang

Setiap satu buah pisang mengandung vitamin B6 sebanyak 0,43 mcg. Buah pisang merupakan buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Karena memang pisang merupakan buah yang mana tumbuh di iklim tropis. Sehingga tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 dari pisang yang banyak ditemui ini.

12. Alpukat

Kandungan vitamin B6 pada buah alpukat satu cangkir adalah 0,38 mcg. Buah alpukat banyak sekali manfaatnya seperti pencegah kanker prostat. Lalu menghindari dari kanker mulut, menghindari dari ancaman kanker payudara, menjaga kesehatan mata. Kemudian bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pencegah stroke.

13. Tomat

Satu cangkir tomat mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Manfaat buah tomat mengurangi resiko penyakit kanker yaitu kanker prostat. Lalu mencegah tubuh terkena penyakit jantung. Imunitas tubuh pun meningkat dengan baik setelah mengkonsumsi buah tomat.

14. Melon

Buah melon juga mengandung vitamin B6. Melon adalah buah yang berwarna hijau dengan daging buah juga berwarna hijau. Ada juga yang berwarna kuning daging buahnya. Buah melon termasuk buah yang banyak mengandung vitamin dan juga kaya akan air.

15.Semangka

Semangka juga merupakan buah yang mengandung vitamin B6. Buah semangka berbentuk besar seperti melon. Dengan kulit yang hijau namun memiliki daging buah yang berwarna merah dengan banyak bijinya. Bedanya dengan melon yang berdaging keras, semangka berdaging lembut. Sehingga termasuk buah yang banyak juga mengandung air.

16. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang mengandung vitamin B6 juga ada. Seperti kacang kedelai, kacang polong, dan kacang hijau. Sedangkan ada juga kacang merah yaitu sumber makanan kacang-kacangan yang cukup baik bagi tubuh karena mengandung vitamin B6 yang cukup banyak. Pada kacang hijau dengan kadar satu cangkir mengandung vitamin B6 sebanyak 0,14 mcg. Dengan mengkonsumsi setidaknya satu cangkir atau mangkok kacang-kacangan ini Anda dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B6.

17. Biji-bijian

Biji-bijian yang termasuk mengandung vitamin B6 cukup baik adalah biji bunga matahari dan biji wijen. Kandungan vitamin B6 pada biji bunga matahari dengan takaran seperempat cangkir adalah 0,47 mcg. Kandungan vitamin B6 pada biji wijen dengan takaran 100 gram adalah 0,8 mcg. Biji bunga matahari sendiri sering disebut di Indonesia sebagai kuaci. Makanan cemilan khas dengan rasa yang cukup manis dan gurih. Sedangkan pada biji wijen banyak digunakan untuk diambil minyaknya. Dapat juga bijinya digunakan dalam olahan makanan seperti onde-onde. Bahkan dapat menjadi bahan pembuatan pasta. Lebih bermanfaat lagi minyak wijen ini dapat digunakan sebagai penghilang rasa nyeri seperti pada pengobatan alternatif.

Itulah Makanan Yang Mengandung Vitamin B6, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.


Demikianlah Artikel Makanan Yang Mengandung Vitamin B6

Sekianlah artikel Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Makanan Yang Mengandung Vitamin B6 dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/04/makanan-yang-mengandung-vitamin-b6.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top