ESYAKU Tips Kesehatan

Blog Yang Membahas Tentang Kesehatan Dan Gaya Hidup Sehat Dan Berkaitan Dengan Kesehatan


Makanan Yang Mengandung Vitamin B3


Vitamin sangat di butuhkan untuk kita dalam berbagai organ tubuh. Ini Makanan Yang Mengandung Vitamin B3 yang perlu di ketahui oleh kita semua.

Fungsi Vitamin B3 diperlukan oleh tubuh untuk peredaran darah dan kulit yang sehat. Niacin mengambil peran penting dalam menghasilkan tenaga daripada gula darah (blood sugar) serta proses produksi lemak. Selain itu, vitamin B3 memperkecil resiko penyakit mental schizophrenia disamping memilliki khasiat mujarab sebagai penambah ingatan.
Makanan Yang Mengandung Vitamin B3.

Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3 adalah terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, mudah muntah serta mual-mual, dan lain-lain.

Sumber makanan yang mengandung vitamin B3 berasal dari Buah-buahan, gandum, ragi, hati, ikan, ginjal, kentang manis, daging unggas dan sebagainya. Berikut ini beberapa sumber Vitamin B3 yang baik dan mudah ditemukan.

1. Jamur

Jamu banyak jenisnya. Ada yang bisa dimakan ada yang tidak bisa dimakan oleh manusia. Jamur ini juga sudah banyak jenis makanannya dan olahannya. Jamur dalam sajian 100 gram mengandung 3,6 mcg vitamin B3. Bagaimana untuk kandungan vitamin B3 pada jenis-jenisnya? Seperti jamur portabella mengandung 23% kebutuhan vitamin B3 harian. Jamur putih mengandung 20% kebutuhan vitamin B3 harian. Jamur shitake mengandung 7% kebutuhan vitamin B3 harian. Lalu jamur oyster mengandung 25% kebutuhan vitamin B3 harian. Semua dalam takaran 100 mcg.

2. Ikan Tuna

Daging ikan tuna juga banyak mengandung vitamin B3. Ikan tuna 3 ons akan menghasilkan vitamin B3 sebanyak 18,7 mcg. Kandungan itu setelah ikan tuna dibakar atau di panggang. Lebih dari cukup untuk kebutuhan harian orang dewasa terhadap vitamin B3 yaitu 14-16 mcg vitamin B3. Bahkan sekarang untuk Negara yang tidak memiliki otoritas laut ataupun laut teritorialnya tidak terdapat ikan tuna, bisa membeli produk luar negeri ikan tuna kalengan. Ikan tuna kalengan dengan berat 3 ons mengandung 11,3 mcg vitamin B3.

3. Ikan Salmon

Salmon sendiri mengandung vitamin B3 sebesar 7,56 mcg untuk setiap 4 onsnya. Atau untuk takaran 3 ons mengandung vitamin B3 6 mcg. Dimana memenuhi 37% kebutuhan vitamin B3 harian. Salmon mirip seperti tuna. Dimana tidak disemua perairan mudah ditemukan. Sehingga tidak semua pasar ikan menjual ikan salmon. Anda bisa memperoleh ikan salmon ini di supermarket modern yang ada di kota anda. Bahkan sudah ada dalam bentuk kalengan atau sarden.

4. Dada Ayam

Ayam di Indonesia dibedakan menjadi ayam potong, ayam kampung, dan kalkun. Memang paling banyak ayam yang dijual dipasaran adalah ayam potong. Dibandingkan ayam kampung dan ayam kalkun lebih mahal harganya. Untuk dada ayam tanpa kulit dan dibakar 150 gram mengandung vitamin B3 sebanyak 33 mcg. Sangat banyak untuk kebutuhan sehari vitamin B3 yang dianjurkan. Dengan kegemaran makan daging ayam ini, terutama dada ayah akan membuat anda sendiri tidak perlu bingung memenuhi kebutuhan vitamin B3.

5. Asparagus

Asparagus termasuk sayuran yang terdapat di Amerika pada jaman dahulu. Sayuran ini mengandung vitamin B3 sebanyak 1,31 mcg. Tentu ini untuk kandungan 1 cangkir asparagus. Tentu dengan kandungan yang lebih banyak akan mendapatkan vitamin B3 yang lebih banyak juga. Bahkan diketahui, asparagus sendiri telah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu. Dari jaman romawi, hingga pada masanya paling banyak digunakan pada abad ke 17 kemudian pada abad ke 19 hingga sekarang.

6. Daging Rusa

Daging Rusa adalah daging yang cukup sulit didapatkan di Indonesia. Karena daging rusa tidak di ternakkan seperti daging domba ataupun sapi. Tapi daging rusa mengandung banyak vitamin B3. Daging rusa sebanyak 4 ons mengandung vitamin B3 sebanyak 8,43 mcg. Menurut fakta data bahwa vitamin B3 ini mampu meningkatkan imunitas tubuh, terutama yang terkandung di dalam daging rusa (tentu juga adanya faktor dari vitamin dan zat lain yang berguna untuk tubuh pada daging rusa). Jika anda bisa mencicipi daging rusa, jangan khawatir karena ternyata banyak manfaatnya.

7. Hati Domba

Hati domba terlebih lagi juga sulit ditemui daripada daging sapi, daging ayam dan daging kambing. Harganya tentu juga mahal. Tapi khasiatnya juga terjamin. Kandungan vitamin B3 per 100 gramnya adalah 16,7 mcg. Tepat memenuhi kebutuhan vitamin B3 pada orang dewasa. Bahkan vitamin B3 ini pada kedokteran modern telah dijadikan antibiotik. Sehingga mengkonsumsi hati domba juga dapat menyehatkan badan dan menjaga kinerja kerja tubuh melawan penyakit.

8. Daging Sapi

Daging sapi mengandung banyak vitamin B3. Untuk takaran daging sapi 4 ons mengandung 9,25 mcg. Untuk itu mengkonsumsi daging sapi juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin B3 anda walaupun tidak langsung terpenuhi. Bahkan untuk takaran 3 ons saja hanya mampu memenuhi kebutuhan vitamin B3 sebanyak 3 mcg untuk tubuh. Tentu daging sapi menjadi pilihan kesekian kali karena harganya yang mahal dan kandungan vitamin B3nya yang tidak begitu tinggi. Namun tetap layak di konsumsi karena jika keuangan anda mencukupi, daging sapi bisa lebih lezat dibandingkan daging ayam.

9. Telur

Telur juga mengandung vitamin B3. Dibedakan menjadi dua, yaitu kuning telur dan putih telur. Untuk kuning telur mengandung vitamin B3 0,004 mcg sedangkan untuk putih telur mengandung 0,035 vitamin B3. Dengan takaran yang sama yaitu 1 butir telur. Telur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan telur sendiri sangat baik untuk kesehatan jantung. Telur bisa disajikan dalam bentuk rebusan atau digoreng. Ada baiknya jika digoreng tidak terlalu lama sehingga kandungan vitamin B3 tidak sampai benar-benar hilang karena terlalu lama memasak.

10. Buah Mangga

Jenis buah mangga paling banyak ditanam di Indonesia. Karena baik dari bentuk maupun jenisnya dan rasanya. Untuk buah mangga dengan ukuran sedang, satu buah mangga tersebut terdapat vitamin B3 sebanyak 1,5 mcg. Mangga ini juga banyak mengandung vitamin E, vitamin A, vitamin C dan beta karoten. Mengkonsumsi buah mangga termasuk memenuhi kebutuhan vitamin B3 anda sehari-hari secara alami.

11. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almonds, biji mustard mengandung vitamin B3 juga loh. Kacang tanah misalnya, mengandung vitamin B3 setiap satu onsnya yaitu 3,8 mcg vitamin B3. Untuk kacang almond dengan kadar 3 ons mengandung vitamin B3 sebanyak 0,95 mcg. Sedangkan dalam biji mustard mengandung vitamin B3 sebanyak 0,9 mcg dalam takaran satu sendok makan. Biji-bijian atau kacang-kacangan ini dapat dikatakan yang mengandung vitamin B3 yang paling banyak yang bisa anda temukan. Sehingga pemenuhan untuk kebutuhannya bisa menggunakan kacang tanah jika kacang almonds dan biji mustard sulit untuk didapatkan.

12. Susu

Susu juga mengandung vitamin B3 yang baik untuk tubuh. Susu olahan terutama yang diproduksi dalam kemasan mengandung vitamin B3 secara jelas. Karena susu mengandung tryptophan yaitu asam amino yang dapat digunakan untuk memproduksi vitamin B3 bagi tubuh yang telah mengkonsumsi susu. Susu sekarang banyak sekali macamnya, seperti susu sapi, susu kedelai, susu kambing. Belum lagi susu olahan dan kemasan yang sudah dicampur dengan berbagai rasa seperti susu stroberi, susu coklat, bahkan sampai susu madu.

Itulah Makanan Yang Mengandung Vitamin B3 yang dapat menghasilkan vitamin b3.
Mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Khasiat / Manfaat / News dengan judul Makanan Yang Mengandung Vitamin B3. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://esyaku.blogspot.com/2013/04/makanan-yang-mengandung-vitamin-b3.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: ESYAKU Tips Kesehatan - Friday, January 31, 2014

Belum ada komentar untuk "Makanan Yang Mengandung Vitamin B3"

Post a Comment

Post Terbaru