Laman

ESYAKU Tips Kesehatan

Temukan informasi kesehatan terbaru mengenai tips kesehatan, tips kebugaran, keluarga sehat, kesehatan anak dan bayi, macam-macam makanan sehat, berbagai penyakit dan cara mengatasinya.

Jumat, 31 Januari 2014

Makanan Yang Mengandung B5

Makanan Yang Mengandung B5 - Hallo sahabat ESYAKU ESYAKU Tips Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Makanan Yang Mengandung B5, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Khasiat, Artikel Manfaat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Makanan Yang Mengandung B5
link : Makanan Yang Mengandung B5

Baca juga


Makanan Yang Mengandung B5


Vitamin sangat di butuhkan untuk kita dalam berbagai organ tubuh. Ini Makanan Yang Mengandung B5 yang perlu di ketahui oleh kita semua.

Vitamin B5 dikenal juga pantothenic acid yang berperan dalam pembentukan antibodi, subtistusi lemak, membantu juga dalam proses konversi karbohidrat dan protein menjadi tenaga.

Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 diantaranya otot mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah serta bersisik, dan lain-lain.

Makanan Yang Mengandung B5 diantaranya adalah daging, susu, sayur-sayuran hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.

1. Daging, Ikan, dan Unggas

Walaupun sangat banyak kandungan vitamin B5 dalam daging, ikan dan unggas, namun memenuhi sejumlah kecil konsumsi daging saja, sudah cukup untuk pemenuhan kebutuhan vitamin B5 Anda. Karena memang asam pantotenat sendiri dibutuhkan oleh tubuh dengan dosis 4-7 mcg. Lebih sedikit dibandingkan vitamin B lainnya.

2. Hati

Seperti yang dijelaskan diatas, maka daging yang banyak mengandung vitamin B5 adalah organ hati. Satu slice daging hati ini (2,4 ons) mengandung kebutuhan vitamin B5 sebanyak 50% yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun daging hati ini juga tentu banyak mengandung lemak dan kolesterol. Jika Anda dalam program diet, tidak mengkonsumsi daging hati ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 juga tidak masalah. Karena kami akan menjabarkan sumber vitamin B5 lainnya.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk ikan yang berada di perairan dingin. Ikan salmon memang terkenal dengan banyaknya kandungan gizi yang telah dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya banyak mengandung vitamin B5. Selain tentu ikan salmon salah satu ikan yang banyak mengandung protein, lemak omega-3 dan nutrisi lainnya. Ikan salmon dan sejenisnya ini mampu memenuhi 20% kebutuhan vitamin B5 harian tubuh Anda.

4. Telur

Telur ternyata juga mengandung vitamin B5 loh. Karena telur merupakan sumber makanan alami favorit di Indonesia, sehingga sangat mudah berarti untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 harian Anda. Sebenarnya dari telur hanya kuning telurlah yang mengandung vitamin B5 ini. Namun dalam masakan biasanya antara kuning telur dan putih telur bercampur. Jika pun terpisah tidak ada salahnya mengkonsumsi putih telurnya juga. Hanya 5% saja yang mampu dipenuhi dari kuning telur untuk kebutuhan vitamin B5 harian Anda.

5. Kacang-kacangan

Banyak ternyata kacang-kacangan yang mengandung vitamin B5. Seperti kacang almond 1 ons mengandung 0,133 mcg vitamin B5. Gandum 100 gram masak mengandung 0,135 mcg vitamin B5. Kacang brazil 1 ons mengandung 0,052 mcg vitamin B5. Gandung hitam 100 gram mengandung 1,233 mcg vitamin B5. Kacang mete per ons per cangkir mengandung 0,245 mcg vitamin B5. Kacang kenari 10 biji mengandung 0,465 mcg vitamin B5. Biji rami satu cangkir mengandung 0,101 vitamin B5. Dan masih banyak lagi kacang-kacangan yang banyak mengandung vitamin B5.

6. Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan ternyata juga banyak yang mengandung vitamin B5. Tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan vitamin B5 Anda setelah makan beberapa buah dan sayuran. Seperti buah apel satu buah dengan ukuran medium mengandung 0,111 mcg vitamin B5. Buah alpukat ukuran medium satu buah mengandung 2,792 mcg vitamin B5. Buah pisang satu buah ukuran medium mengandung 0,394 mcg vitamin B5. Untuk sayurannya seperti asparagus setengah cangkir mengandung 0,203 mcg vitamin B5. Wortel setengah cangkir mengandung 0,181 mcg vitamin B5. Kubis satu setengah cangkir mengandung 0,13 mcg vitamin B5.

7. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin B5 juga selain yang telah disebutkan diatas. Brokoli ini seperti sayuran yang mengepal daunnya. Lebih sering dibuat sup. Brokoli banyak mengandung vitamin dan mineral. Untuk vitamin B5 sendiri pada brokoli mengandung 0,48 mcg setiap setengah cangkir yang telah dimasak. Cukup banyak jika Anda makan 3 kali sehari dengan setiap kalinya mengkonsumsi satu cangkir, Anda sudah hampir 50% memenuhi kebutuhan harian vitamin B5 Anda.

8. Biji Bunga Matahari

Satu ons biji bunga matahari kering mengandung 1,996 mcg vitamin B5. Biji bunga matahari atau lebih sering dinamakan kwaci ini makanan yang disenangi oleh hewan hamster. Namun manusia pun juga bisa memakannya karena biasanya biji bunga matahari ini disajikan sebagai cemilan. Walaupun begitu untuk Anda menghabiskan satu ons biji bunga matahari terlihat agak sulit. Lebih baik tetap mengkonsumsi sumber makanan yang lain namun tetap juga mengkonsumsi biji bunga matahari sebagai selingan.

9. Labu

Labu juga mengandung vitamin B5 loh. Labu dimana merupakan sayuran seperti buah yang besar berwarna kekuningan ini banyak ditemukan di daerah Amerika Serikat. Sayur labu memang sudah ada di Indonesia dalam berbagai jenis makanan. Satu cangkir labu entah itu dimasak, direbus mengandung vitamin B5 sebanyak 0,492 mcg. Tidak semua orang menyukai labu, begitu juga sayuran ini tidak semua ditemukan di pasar.

10. Jagung

Jagung juga merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin B5. Satu jagung besar bisa mengandung vitamin B5 sebanyak 0,935 mcg.

Itulah Makanan Yang Mengandung B5 yang bisa berperan banyak bagi tubuh kita semua. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Makanan Yang Mengandung B5

Sekianlah artikel Makanan Yang Mengandung B5 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Makanan Yang Mengandung B5 dengan alamat link https://esyaku.blogspot.com/2013/04/makanan-yang-mengandung-b5.html

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di ESYAKU Tips Kesehatan, silahkan beri komentar untuk menjadikan blog ini tetap maju dan semakin berkualitas.

Back To Top